Beranda
     

RUMAH BELAJAR SAHABAT

 

Second Home For The Best Student

     
  Beranda >>Artikel Terkait >> Garuda Pancasila atau Elang Jawa Pancasila  

MENU

ARTIKEL TERKAIT

 

Garuda Pancasila atau Elang Jawa Pancasila??

Di dalam sebuah perpustakaan Universitas Depok, samar-samar terdengar diskusi kecil sepasang Ornitolog (Ahli Aves atau unggas) muda yang membahas tentang lambang negara Indonesia.  Mereka adalah Cinta dan Rangga.  Dengan semangat yang tinggi mereka berusaha mencari literatur yang sesuai... 

     Rangga : Gimana cin?? Udah dapet belum gambar asli burung Garuda yang kita cari??
     Cinta    : Rangga!! Bisa ga sih manggil namaku lengkap?! Aku geli dengernya...
     Rangga : Owhhh sory cinta.... (mudah-mudahan dia ga ilfil ~_~)
     Cinta    : Nih aku dah dapet gambar burung Garuda yang asli...gagah banget...hmmmm tapi kok beda ya sama “Garuda Pancasila”??!!
     Rangga : Beda gimana??!!
     Cinta    : Kalau dilihat sekilas memang mirip, tapi burung garuda ini tidak seperti burung “Garuda Pancasila”...dah gitu habitatnya tersebar luas di dunia...
     Rangga : Lah...ga mirip trussss bukan endemik atau khas Indonesia, kenapa dijadikan sebagai lambang negara yah??hiksss....

 

Di tengah kebingungan mereka, masuklah ke dalam perpustakaan seorang Ornitolog senior favorit mereka bernama Mr. J. 

     Cinta    : Nah...kebetulan itu ada kakak J...kakak J!! Sini!!
     Mr. J    : Ah??!! Ojeg neng??
     Rangga : Jah kakak J bejanda melulu nih...
     Mr. J    : Berjanda??!...bercanda kali...Ada apa sih?kok tumben kalian rajin belajar di perpus??
    Cinta    : Begini kak...kita dapet tugas untuk mencari nama Spesies burung yang menjadi lambang negara Indonesia..Garuda Pancasila kan punya jambul kak, nah garuda yang kita dapat ga ada jambulnya...
     Mr. J    : Owhh...gitu aja kok repot
     Rangga : Asik dah kakak J memang is the best dah...
     Mr. J    : Kasih aja nama Pignonotus aurigaster, burung itu juga punya jambul kok...
     Rangga : Owhhh...nama burung Garuda jambul Pignonotus aurigaster??
     Cinta    : Iiiiihh Rangga!! itu kan bukan burung Garuda, tapi burung kutilang!!
     Mr. J    : Ahahahahahha....
     Rangga : Ssssst!! Jangan berisik kak...mau pulpen aku terbang ke muka kaka...
     Mr.J    : Pisss Rangga...kok jadi kayak film AADC...jadi begini, kalau kalian cari burung garuda yang mirip “Garuda Pancasila” gak akan ada yang mirip.  Burung garuda bisa dikatakan tidak ada, hanya saja orang mengatakan burung Elang yang berukuran besar adalah Garuda...misalnya Elang Laut.  Nah yang mirip banget Garuda Pancasila ada dua.  Pertama adalah Burung Elang Ular Bido, hanya saja jambulnya tidak mengarah ke atas.  Kedua adalah Elang Jawa, Elang ini yang paling mirip liat aja gambarnya...nah Elang Jawa juga Endemik Pulau Jawa, sayangnya statusnya Endanger atau terancam punah...
     Rangga  : Owhhh...kalo begitu seharusnya bukan Garuda Pancasila...tapi Elang Jawa Pancasila!!!
    

 

 

 

 

 

     To be continued

 

 

 

 

  • Garuda Pancasila atau Elang Jawa Pancasila
       
 
 
   
 

 

 

Copyright@Rumah Belajar Sahabat 2016